vendredi 2 décembre 2011

belajar bahasa perancis di perancis


Posting ini akan memberikan informasi bagi orang-orang yang ingin pergi belajar bahasa Perancis di Perancis. Namun sebelum beranjak lebih jauh dengan memberikan informasi tentang sekolah-sekolah di Prancis, pertama-tama kita akan memperkenalkan Kerangka Umum Acuan Eropa untuk Bahasa dan sertifikasi yang berbeda - beda dari bahasa Prancis.

Kerangka Umum Acuan Eropa (KUAE) untuk Bahasa terdiri dari proses: Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Kerangkan ini merupakan pedoman yang digunakan untuk menggambarkan prestasi pelajar bahasa asing di seluruh Eropa dan, menyusul, di negara - negara lain.

Kerangka Umum Eropa membagi peserta didik menjadi tiga divisi luas yang dapat dibagi lagi menjadi enam tingkatan:

A. Pembicara Dasar

B. Pembicara Independen
C. Pembicara Ahli

KUAE ini menjelaskan apa yang  seharusnya seorang pelajar dapat lakukan dalam membaca, mendengar, berbicara dan menulis di tingkatannya masing-masing.


Deskripsi Tingkatan
A1 Dapat memahami dan menggunakan kalimat – kalimat lazim sehari-hari dan frase - frase yang sangat dasar untuk pemenuhan kebutuhan - kebutuhan konkrit. Dapat memperkenalkan diri sendiri dan orang lain dan dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang data pribadi seperti di mana dia tinggal, orang-orang yang dia tahu dan hal-hal yang miliki. Dapat berinteraksi dengan cara yang sederhana apabila orang lain bersedia berbicara perlahan-lahan, jelas, dan siap untuk membantu.

A2 dapat memahami kalimat dan ekspresi yang sering digunakan berkaitan dengan bidang relevansi langsung (seperti: informasi pribadi dan keluarga yang sangat mendasar, belanja, geografi lokal, pekerjaan). Dapat berkomunikasi dalam tugas-tugas sederhana dan rutin yang memerlukan pertukaran sederhana dan langsung informasi mengenai hal-hal yang familier dan rutin. Dapat menggambarkan
dengan sederhana aspek - aspek latar belakang, lingkungan dekat, dan hal – hal lain di bidang kebutuhan yang mendesak.

B1 dapat memahami poin-poin utama dari umpan balik standar yang jelas mengenai hal-hal yang sering ditemui dalam pekerjaan, waktu santai, sekolah, dll. Dapat menangani situasi yang sering muncul saat bepergian di wilayah di mana bahasa tersebut digunakan. Dapat menghasilkan teks sederhana mengenai  topik yang akrab atau kepentingan pribadi. Dapat menggambarkan pengalaman dan kejadian, mimpi, harapan, dan ambisi, serta secara singkat memberikan alasan dan penjelasan untuk pendapat dan rencana.

B2 dapat memahami ide-ide utama dari teks kompleks pada baik topik - topik konkret maupun abstrak, termasuk di dalamnya diskusi teknis pada bidang – bidang terspesialisasi. Dapat berinteraksi dengan tingkat kelancaran dan spontanitas yang membuat interaksi dengan penutur asli tanpa hambatan dari kedua pihak. Dapat menghasilkan teks yang jelas dan rinci tentang berbagai mata pelajaran dan menjelaskan sudut pandang pada isu - isu hangat serta memberikan keuntungan dan kerugian dari berbagai pilihan.


C1 dapat memahami berbagai
macam teks yang berat, lebih panjang, dan dapat mengenali makna implisit. Dapat mengekspresikan diri dengan lancar dan spontan tanpa banyak mencari – cari ungkapan yang tepat. Dapat menggunakan bahasa secara fleksibel dan efektif untuk tujuan sosial, akademik dan profesional. Dapat menghasilkan teks yang jelas, terstruktur dengan baik, dan rinci tentang subyek yang kompleks, menunjukkan penggunaan terkendali pola – pola terorganisasi, kata – kata sambung, dan ide - ide yang terpadu.

C2 dapat memahami dengan mudah hampir semua yang didengar ataupun dibaca. Dapat meringkas informasi dari sumber-sumber lisan maupun tertulis yang berbeda, merekonstruksi argumen dan menceritakannya kembali dalam penyajian yang mudah dipengerti. Dapat mengekspresikan diri secara spontan, lancar, dan tepat, membedakan nuansa makna yang lebih halus bahkan dalam situasi yang paling kompleks.



Test de connaissance du français (TCF) adalah tes untuk penempatan bahasa non-penutur asli Prancis.

Tes i
ni merupakan persyaratan masuk bahasa Prancis. Tes ini dapat digunakan untuk menunjukkan kemampuan bahasa untuk melamar pekerjaan atau untuk penggunaan pribadi.

TCF mengikuti standar Eropa untuk tes bahasa sebagaimana diatur dalam Kerangka Umum Acuan Eropa untuk Bahasa, yang setara dengan DALF.

Tingkat terendah
adalah A1, yang mengindikasikan pemula, tingkat kefasihan top adalah C1 dan C2.

Tingkat C1 dan C2 menunjukkan penguasaan
bahasa Perancis yang tinggi. Universitas Perancis Ilmu sains-Po menggunakan TCF tingkat C1 sebagai prasyarat bahasa utama untuk mengevaluasi kemampuan non-penutur asli dalam mengikuti diskusi akademis dan melakukan penelitian akademis dalam bahasa Perancis.

Diploma of Advanced French Language Studies (dikenal dalam bahasa Prancis sebagai Diplome de langue française approfondi, atau DALF)  adalah sertifikasi kemampuan bahasa Perancis untuk non-penutur asli.

Para  pembicara – pembicara ahli bahasa Perancis disertifikasi oleh DALF tersebut.


Diplome d'Etudes en langue francaise (DELF) (Di mana dalam Bahasa Inggris di sebut sebagai: Diploma in French Studies) adalah sertifikasi kemampuan berbahasa Perancis untuk non-penutur asli bahasa Prancis.

Hal ini terdiri dari empat ijazah independen sesuai dengan empat tingkat pertama dari Kerangka Umum Acuan Eropa untuk Bahasa.


Berikut adalah contoh dari persyaratan untuk diakui sebagai seorang mahasiswa sarjana di sebuah universitas Perancis, di sini di Universite Jean Moulin 3 Lyon di Lyon:
• TCF DAP: tingkat B1 dan minimum 9 / 20
• TCF Grand Public: tingkat minimum B2
• DALF C1 atau C2
• DELF B2


Berikut adalah pilihan sekolah bahasa Perancis di Perancis yang menawarkan program normal dan kelas - kelas untuk mempersiapkan sertifikasi yang berbeda dari tes bahasa Perancis:






Eife2f - sekolah bahasa Prancis di Lyon untuk mahasiswa asing. Menawarkan kelas normal dari tingkat pemula sampai tingkat  lanjutan, dan juga mempersiapkan siswa untuk ujian DELF dan DALF.
http://www.eife2f.com/french-course-in-france/language-school-to-learn-french.html

 




Sekolah Inflexyon di Lyon telah menawarkan pendidikan khusus untuk setiap siswanya.
• Persiapan untuk DELF, DALF, TEF dan ujian lainnya
• Bahasa Perancis khusus
• kelas kecil, kelas privat, dan kelas malam
• Persiapan untuk menjadi seorang mahasiswa Perancis
• Praktek berbicara dan menulis
• Bertemu orang-orang Perancis
• Sebuah sekolah untuk mempersiapkan kehidupan di Perancis.
http://www.inflexyon.com/en/the-school/

 


Institut Bahasa dan Kebudayaan Perancis (ILCF)  adalah institute milik Departemen Sastra dan Bahasa Universitas Katolik Lyon. Institusi ini menawarkan program yang berbeda dan persiapan DELF, DALF, TEF dan ujian lainnya. Institusi ini telah disetujui sebagai Pusat Pemeriksaan Resmi untuk berbagai diploma bahasa Perancis.
http://www.ilcf.net/french-courses-in-lyon-france-learn-french-french-classes-delf-dalf-tcf-ccip-exams-42222.kjsp





Sekolah Bahasa Accord di Paris menawarkan program yang berbeda dan kegiatan budaya yang dapat mengatur akomodasi.
http://www.french-paris.com/uk/info/school.php
 



 

Paris Langues di Paris menawarkan berbagai kursus jangka pendek dan berbagai kegiatan budaya dan dapat mengatur akomodasi.
http://www.parislangues.com/

 



The Centre de Francais langue Étrangère (CFLE) adalah bagian dari University of Poitiers dan menawarkan kursus - kursus penuh waktu dan kursus – kursus paruh waktu.
http://cfle.univ-poitiers.fr/spip.php?article75&lang=en
 

 
The Alliance Française di Paris Ile-de-France menawarkan berbagai jenis kursus yang mencakup semua tingkat pembelajaran bahasa Perancis, dari yang benar - benar pemula (tingkat A1) hingga tingkat  lanjutan (tingkat C1), kelas workshop pribadi dan kelas profesional.
http://www.alliancefr.org/en/who-are-we

Aucun commentaire:

Enregistrer un commentaire